Tips Dan Manfaat Penjemuran Untuk Ayam Aduan

Tips dan manfaat penjemuran untuk ayam aduan. Membahas mengenai cara perawatan, tentu setiap peternak memiliki cara dan ti[snya masing masing, namun ini semua dilakukan semata mata dengan tujuan agar memiliki ayam aduan terbaik di dalam arena. Seringkali kita merasa tidak puas hanya dengan perawatan yang itu itu saja, sehingga selalu kita selalu ingin menambah dan memperbarui ilmu yang selama ini kita terapkan demi memiliki pengetahuan yang luas terkait cara merawat ayam aduan untuk berlaga di arena sabung ayam.

Tips Dan Manfaat Penjemuran Untuk Ayam Aduan

Tips Dan Manfaat Penjemuran Untuk Ayam Aduan

Sebenarnya segala bentuk perawatan yang kita berikan pada ayam memiliki tujuan dan hasil yang berbeda beda. Salah satu bentuk perawatan yang paling sering dilakukan adalah penjemuran. Proses penjemuran ini bisa dilakukan pagi maupun sore hari sesuai dengan waktu yang dimiliki tiap tiap peternak, sebab tidak semua peternak memiliki banyak waktu luang dikarenakan urusan pekerjaan lain. Proses penjemuran ini tentunya tidak bisa dilakukan secara asal asalan kepada ayam, sebab bisa berdampak buruk nantinya pada kondisi ayam aduan tersebut. Dengan cara dan durasi yang tepat, tentunya perawatan ini akan memberikan hasil yang maksimal.

Tujuan utama dari jenis perawatan yang satu ini adalah untuk memperpanjang nafas dan menunjang kinerja paru paru serta jantung ayam aduan. Akan tetapi tidak hanya itu, banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh jika penjemuran dilakukan secara tepat. Salah satu indikator bahwa ayam dalam kondisi sehat adalah kulitnya yang akan berubah menjadi lebih merah. Dengan proses penjemuran ayam akan mendapat asupan vitamin D secara langsung dari sinar matahari pagi. Ini juga bisa membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada kulit dan bulu ayam, meningkatkan sistem imunitas tubuh ayam sehingga tidak mudah terserang penyakit. Dan sekaligus bisa membakar lemak pada tubuh ayam aduan.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat dari penjemuran ayam, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai bagaimana cara dan durasi yang tepat agar ayam bisa memperoleh manfaat yang maksimal.

Cara Menjemur Ayam Aduan yang Benar

masing masing peternak pasti memiliki cara dan pendapat yang berbeda terkait durasi yang tepat dalam melakukan penjemuran, dari sekian banyak pendapat banyak yang mengatakan durasi penjemuran bisa bergantung dari umur serta rutinitas dari sang ayam. Bagi ayam baru yang masih pemula atau masih pertama kami dijemur, sebaiknya durasi penjemuran yang diberikan cukup 15 hingga 30 menit saja, atau ketika ayam mulai terlihat kelelahan. Mengenai waktu penjemuran, sebaiknya dilakukan pada pagi hari sekita pukul 7 hingga 9 agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Durasi tersebut sudah bisa untuk mendapatkan beragam manfaat dari sinar matahari dan agar ayam tidak kaget dengan proses penjemuran. Lakukan proses penjemuran ini setiap hari, dan durasi bisa ditingkatkan seiring semakin seringnya ayam dijemur.

Untuk tambahan latihan fisik bisa juga diberikan selama penjemuran, ini juga bermanfaat untuk membuat kondisi fisik ayam semakin prima. Setelah itu ayam bisa dimandikan untuk membersihkan tubuhnya dan menstabilkan kembali suhu badan ayam setelah proses penjemuran. Lalu untuk mengeringkannya tempatkan ayam dalam kurungan yang agak lebar dengan menggunakan alas agar ayam tidak melakukan kipu. Jangan biarkan ayam melakukan kipu, sebab ini akan membuat ayam kotor kembali setelah dimandikan.

Setelah penjemuran dirasa sudah cukup, pindahkan ayam ke tempat yang lebih teduh untuk mendinginkan suhu tubuh ayam. Jangan langsung memberikan air minum pada ayam karena ini bisa menyebabkan ayam menjadi ngorok. Kita boleh memberikan air minum pada ayam disaat suhu badan ayam telah normal. Lakukan proses penjemuran ini secara teratur setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal. Demikian tips untuk kali ini semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi kawan peternak semua. Nantikan artikel menarik kami lainnya.