Manfaat Daging Belut Untuk Ayam Aduan

Manfaat Daging Belut Untuk Ayam Aduan

Manfaat daging belut untuk ayam aduan. Selamat datang kembali di blog sederhana kami. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai manfaat pemberian daging belut untuk ayam aduan. Mungkin yang akan terlintas di pikiran kita saat mendengar kata belut adalah hewan yang sangat menjijikkan. Ini merupakan hal yang wajar, sebab hewan ini sekilas akan terlihat seperti ular namin memiliki badan yang super licin yang membuat belut sangat sulit untuk dipegang dengan baik.

Manfaat Daging Belut Untuk Ayam Aduan

Manfaat Daging Belut Untuk Ayam Aduan

Namun dengan segala keunikannya ini ternyata belum memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tidak terkecuali untuk ayam aduan kita. Pemberian daging belut pada ayam aduan memang bukanlah hal yang baru dikalangan penghobi ayam aduan mengingat nutrisi yang terkandung dalam daging hewan yang satu ini sangat bermanfaat dan bisa terbilang ajaib untuk ayam aduan kita.

Nutrisi yang Terkandung Pada Daging Belut

Energi yang terkandung pada daging belut sangatlah tinggi yaitu 303 kalori per 100 gramnya. Tentu saja dengan tingginya kalori dalam daging belut ini akan membantu ayam mendapatkan energi cadangan yang cukup untuk menunjang aktifitasnya seperti halnya saat berlaga maupun latihan setiap harinya.

Protein sangatlah dibutuhkan tubuh ayam aduan untuk membentuk serta menguatkan otot. Protein yang terkandung pada daging belum sangatlah tinggi, bahkan bisa melebihi protein yang terkandung pada telur dan hampir setara dengan daging sapi yaitu 18.4 gram setiap 100 gramnya.

Fosfor dan kalsium yang terkandung sangatlah bermanfaat untuk memperkokoh dan memguatkan tulang ayam aduan. Kedua nutrisi penting ini juga dimiliki daging belut. Seperti yang kita tahu bahwa fosfor sangat bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang dan kalsium juga bermanfaat untuk memperkuat tulang ayam aduan.

Zat besi yang terkandung pada daging belut juga cukup tinggi yaitu 20 miligram. Fungsi dari zat besi ini adalah untuk pembentukan zel darah merah yang berfungsi menyuplau oksigen ke seluruh tubuh. Secara tidak langsung ini juga akan mencegah timbulnya penyakit kuning pada ayam aduan.

Daging belut juga memiliki kandungan vitamin A dan B yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh ayam. Pemberian asupan daging belut pada ayam aduan ini tentu akan membuat ayam mendapatkan manfaat dai kedua vitamin ini.

Arginin yang terkandung pada daging belut dipercaya mampu meningkatkan libido dan vitaltas ayam aduan sehingga akan meningkatkan mental dan keagresifan ayam. Hal ini juga membuat ayam lebih produktif dan bermental kuat saat bertarung di arena sabung ayam.

Cara Pemberian Daging Belut Pada Ayam Aduan

Untuk proses pemberian daging belut pada ayam aduan bisa dengan cara dipanggang terlebih dahulu ataupun diberikan secara langsung. Kita bisa memberikan daging belut ini secukupnya dan jangan terlalu berlebihan. Sebab disamping manfaatnya yang melimpah daging belut ini juga memiliki kandungan lemak dan kolestrol yang cukup tinggi yang bisa membuat bobot ayam semakin berisi.

Namun kita bisa mengakalinya dengan memanggangnya terlebih dahulu sebelum diberikan pada ayam aduan untuk mengurangi kandungan lemaknya yang sangat banyak. Tentu cara ini akan lebih merepotkan dibandingkan pemberian secara langsung, namun dengan cara dipanggang ini dapat menghilangkan kandungan lemak yang sangat banyak pada daging belut. Untuk pemberian daging belut ini alangkah lebih baik jika tidak menyertakan bagian kepala dan tulangnya sebab kedua bagian tubuh ini tidak memiliki nutrisi yang baik untuk ayam aduan.

Demikian pembahasan kami mengenai manfaat pemberian daging belut pada ayam aduan. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi kita dalam merawat ayam aduan kesayangan. Nantikan artikel menarik kami lainnya mengenai ayam aduan dan salam satu hobi.