Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Terkelupas

Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Terkelupas

Cara mengobati paruh ayam aduan yang terkelupas. Pada setiap laga sabung ayam, cedera adalah hal yang tidak bisa terelakkan terjadi pada ayam aduan. Ini merupakan hal yang wajar terjadi terutama pada bagian wajah dan leher ayam. Kedua bagian ini adalah yang beresiko tinggi mengalami cedera parah mengingat kebanyakan cara bertarung ayam adalah memukul dan mematuk di kedua area ini. Terkecuali dengan ayam aduan jenis pakoy yang lebih dominan menyerang area tubuh pada teknik bertarungnya. Namun pada pembahasan kali ini kita akan mengulas terkait cara mengobati paruh ayam aduan yang terkelupas.

Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Terkelupas

Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Terkelupas

Seperti yang kita ketahui salah satu bagian tubuh ayam yang sangat rentan cidera adalah bagian paruhnya. Cidera yang bisa terjadi di bagian paruh yaitu patah ataupun terkelupas. Bila saat berlaga dalam arena, paruh ayam terkelupas maka kecil kemungkinan ayam tersebut bisa menang, sebab akan sangat sulit bagi ayam tersebut untuk mematuk lawan karena paruhnya terkelupas. Hal ini membuat ayam lebih memilih untuk menghindar dari pada mematuk mengingat dia juga mengalami kesakitan dari kondisi paruhnya.

Setiap ayam memiliki kondisi paruh yang berbeda beda dan tidak bisa kita prediksi kekuatannya masing masing. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk tidak luput merawatnya, sebab paruh merupakan salah satu senjata utama daru ayam aduan saat berlaga. Paruh pada ayam aduan bisa diperkuat sejak dini dengan asupan kalsium yang cukup pada ayam. Disamping itu pemberian bawang putih dengan cara dioleskan ke permukaan paruh ayam juga bisa membantu untuk memperkuat paruh ayam aduan. Namun bila dalam pertatungan ayam aduan mengalami cidera seperti paruh yang terkelupas, maka cara yang harus dilakukan untuk perawatannya adalah sebagai berikut.

Mengobati Paruh Ayam yang Terkelupas

Jika paruh ayam aduan terkelupas, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengompresnya dengan air hangat, selain bisa membuatnya lebih bersih, hal ini juga bisa membuat ayam lebih rileks. Kita bisa memberikan olesan bawang putih dan belimbing wuluh secara rutin agar paruh ayam tidak rapuh. Agar hasilnya lebih maksimal kita bisa memberikan kapur sirih secara rutin agar paruh ayam bisa cepat mengeras dan pulih kembali. Masa penyembuhan ini biasanya membutuhkan waktu yang lumayan lama yaitu sekita 1 hingga 3 bulan tergantung dari bagaimana kita merawatnya. Selama masa perawatan alangkah baiknya kita memberikan pakan yang tidak terlalu keras agar tidak membebani paruhnya dan bisa lekas pulih.

Demikian tadi pembahasan kami tentang cara mengobati paruh ayam aduan yang terkelupas. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua dalam merawat ayam aduan setelah berlaga. Nantikan artikel menarik kami lainnya dan salam satu hobi.