Cara Mengatasi Nafas Pendek Pada Ayam Aduan

Cara Mengatasi Nafas Pendek Pada Ayam Aduan

Cara mengatasi nafas pendek pada ayam aduan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi nafas pendek pada ayam aduan. Nafas adalah faktor utama yang mendukung kualitas teknin dan pukulan ayam aduan. Sebab jika ayam aduan memiliki nafas yang pendek dan cenderung ngos-ngosan maka ayam tersebut akan sulit sekali untuk bisa meraih kemenangan dalam sebuah laga sabung ayam. Dan lagi ayam aduan yang memiliki nafas pendek sangat sulit untuk melakukan pergerakan karena tidak memiliki tenaga yang cukup bahkan hanya untuk sekedar mengangkat sayapnya.

Cara Mengatasi Nafas Pendek Pada Ayam Aduan

Cara Mengatasi Nafas Pendek Pada Ayam Aduan

Pada dasarnya ayam aduan memiliki nafas panjang dan tidak gampang ngos-ngosan serta memiliki warna kulit kemerah-merahan. hal ini dikarenakan peredaran darah yang lancar. Sehingga aliran darah tersebut dapat mengikat oksigen lebih sempurna. Ini merupakan hal yang sangat penting sebab oksigen dalam darah seekor ayam aduan adalah zat pembakar untuk menghasilkan tenaga. Jika kadar oksigen dapat diikat lebih maksimal oleh darah, maka ayam aduan akan memiliki banyak cadangan energi untuk bertarung dalam waktu 5 x 15 menit.

langkap pertama yang bisa kita lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah berikan pakan ayam aduan dengan pakan yang rendah kandungan lemak. Untuk sementara hindari pemberian jagung dan vour yang mengandung lemak tinggi. Cukup berikan pakan berupa beras merah saja untuk saat ini.

langkah selanjutnya adalah melakukan penjemuran setiap hari mulai dari jam 8 pagi hingga selesai atau ayam terlihat sudah kelelahan. Tentu sebelumnya mandikan ayam terlebih dahulu. Setelah selesai penjemuran, lalu pindahkan ayam aduan ke tempat yang teduh, tunggu hingga kurang lebih 10 menit sebelum diberikan minum dan buah tomat untuk memulihkan tenaganya.

Pada sore hari setelah pemberian pakan, kita bisa memberikan gula merah atau gula jawa. Dimana gula merah ini dipercaya bisa meningkatkan stamina pada ayam aduan. Kita bisa juga memberikan jamu-jamua dengan bahan-bahan herbal alami seperti halnya kencur, lengkuas, merica, kunci dan telur bebek. Campurkan seluruh bahan tersebut menjadi satu dan masukkan pada mulut ayam.

Pemberian jamu ini bisa kita lakukan minimal seminggu sekali. Namun hentikan pemberian jamu ini seminggu sebelum ayam berlaga. Demikian Pembahasan kami mengenai cara mengatasi nafas pendek pada ayam adua. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk kita semua dalam merawat ayam aduan kesayangan.